Pembelajaran
tematik memiliki ciri-ciri atau karakteristik sebagaimana diungkapkan dalam www.
pppg tertulis.or.id. sebagai berikut 1) berpusat pada siswa, 2) Memberikan
pengalaman langsung kepada siswa, 3)
Pemisahan mata pelajaran tidak
begitu jelas, 4) Menyajikan konsep dari berbagai mata pelajaran dalam suatu
proses pembelajaran., 5) Bersifat fleksibel, 6) Hasil pembelajaran dapat
berkembang sesuai dengan minat, dan kebutuhan siswa. Agar diperoleh gambaran
yang lebih jelas tentang karakteristik tersebut dapat diuraikan sebagai
berikut:
1.
Berpusat pada siswa
Proses
pembelajaran yang dilakukan harus menempatkan siswa sebagai pusat aktivitas dan
harus mampu memperkaya pengalaman belajar. Pengalaman belajar tersebut
dituangkan dalam kegiatan belajar yang menggali dan mengembangkan fenomena alam
di sekitar siswa.
2.
Memberikan
pengalaman langsung kepada siswa
Agar
pembelajaran lebih bermakna maka siswa perlu belajar secara langsung dan
mengalami sendiri. Atas dasar ini maka guru perlu menciptakan kondisi yang
kondusif dan memfasilitasi tumbuhnya pengalaman yang bermakna.
3.
Pemisahan mata pelajaran tidak begitu jelas
Mengingat tema dikaji dari berbagai mata pelajaran dan
saling keterkaitan maka batas mata
pelajaran menjadi tidak begitu jelas.
4.
Menyajikan konsep
dari berbagai mata pelajaran dalam suatu proses pembelajaran.
5.
Bersifat fleksibel
Pelaksanaan
pembelajaran tematik tidak terjadwal
secara ketat antar mata pelajaran.
6.
Hasil pembelajaran
dapat berkembang sesuai dengan minat, dan kebutuhan siswa.
Sehubungan
dengan hal tersebut diungkapkan pula dalam www p3gmatyo.go.id/download/SD
karakteristik pembelajaran terpadu/tematik sebagai berikut: 1) pembelajaran
berpusat pada anak, 2) menekankan pembentukan pemahaman dan kebermaknaan, 3)
belajar melalui pengalaman langsung, 4) lebih memperhatikan proses daripada
hasil semata, 5) sarat dengan muatan keterkaitan.
0 komentar:
Posting Komentar